A. Ruang Lingkup Pemasaran Mobile

A. Ruang Lingkup Pemasaran Mobile

         Semakin berkembangnya kemajuan sistem teknologi informasi dan komunikasi, maka menyebabkan semua bidang kehidupan juga mengalami perkembangan. Hal ini juga memengaruhi kegiatan bisnis. Dimana pemasaran yang dulunya dilakukan dengan sistem konvensional, sekarang juga mulai berkembang. Selain menggunakan internet, pemasaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan situs mobile.
1. Sejarah mobile marketing
       Munculnya pemasaran mobile/mobile marketing dimulai pada awal tahun 2000-an saat Short Message Serivice (SMS) menjadi semakin populer. Di Eropa dan Asia, bisnis pengumpulan nomor untuk mengirimkan promosi dari produk dan layanan mereka menjadikan SMS menjadi alat promosi yang sah di bagian lain dunia. Sebagai teknologi yang dikembangkan, saluran baru untuk pemasaran mobile mulai muncul, diantaranya:
a. Multimedia Message Service
     Dengan MMS, pengiklan dapat mengirim pesan teks, video, dan slideshow gambar dari produk. Hampir semua ponsel dengan layar warna dapat mengirim dan menerima MMS.

b. Game Mobile Marketing
     Kecenderungan dari game mobile sudah mulai lebih canggih. Permainan ini sangat kasual dalam mempromosikan produk yang sedang dipromosikan dalam beberapa permainan. Promosi semacam ini juga dikenal sebagai Ad-funded mobile game atau mobile advergaming.

c. Mobile Web Marketing
      Di sini, produk yang sedang di promosikan pada halaman web yang diakses melalui perangkat mobile. Mayoritas penyedia konten mobile seperti google dan yahoo telah menjual tempat iklan online. Ada juga jaringan iklan lainnya yang berfokus pada bersifat mobile.

d. Pemasaran via bluetooth dan infrared 
      Bluetooth populer hanya pada tahun 2003, infrared di sisi lain adalah bentuk tertua dari pemasaran mobile. Tidak seperti bluetooth, infrared terbatas. Keuntungan lain dari bluetooth adalah ia memiliki kecepatan transfer yang lebih tinggi dan juga gratis, serta sudah berdasarkan izin.

e. Mobile marketing melalui kode quick response
       Kode QR seperti barcode tapi bukan hanya sekelompok garis paralel, namun memiliki dua dimensi. Ketika kode QR dipindai oleh kamera ponsel, pengguna ponsel tersebut kemudian diarahkan ke URL target. Pada dasarnya, kode QR menghilangkan kebutuhan untuk memasukkan alamat situs yang panjang yang cukup merepotkan jika browsing internet mobile. Anda dapat menggunakan kode QR untuk mengarahkan pengguna ponsel ke hampir semua tujuan online seperti: ke situs web, situs jaringan sosial seperti facebook atau twitter, ke lokasi peta Google, sebuah download App Store, video, artikel, alamat e-mail atau pesan, pesan teks, rincian kontak anda, buy now link atau kupon. Jika anda memutuskan untuk menggunakan kode QR dalam pemasaran mobile anda, gunakan kode QR yang dikelola yang memungkinkan anda untuk melacak dan menganalisis seberapa sering kode dipindai. Juga, pelacakan kode QR yang mengarahkan pengguna ketujuan yang berbeda memungkinkan anda melakukan beberapa uji coba terpisah untuk mengetahui ap penawaran terbaik yang disukai oleh target pasar anda.

Komentar